Apa Relay dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

Relay adalah Saklar (Switch) yang dioperasikan secara listrik dan merupakan komponen Electromechanical (Elektromekanikal) yang terdiri dari 2 bagian utama yakni Elektromagnet (Coil) dan Mekanikal (seperangkat Kontak Saklar/Switch). Relay menggunakan Prinsip Elektromagnetik untuk menggerakkan Kontak Saklar sehingga dengan arus listrik yang kecil (low power) dapat menghantarkan listrik yang bertegangan lebih tinggi. Sebagai contoh, dengan Relay yang menggunakan Elektromagnet 5V dan 50 mA mampu menggerakan Armature Relay (yang berfungsi sebagai saklarnya) untuk menghantarkan listrik 220V 2A.

Cara kerja relay

Pada relay terdapat sebuah kumparan yang berinti besi yang bilamana kumparan tersebut dialiri listrik maka kumparan tersebut akan menjadi magnet dan menarik plat sehingga terjadilah kontak
Saat kontak tersambung maka aliran listrik pada beban akan mengalir. Beban pada relay dapat berupa lampu, pompa air serta peralatan listrik lainnya.

PIN PADA MODUL RELAY


Pin diatas terdiri dari GND,IN1,IN2,IN3,IN4,VCC, pin GND merupakan pin -(negatif) dan pin IN1 merupakan pin relay channel 1 pin IN2 merupakan pin relay channel 2 pin IN3 merupakan pin relay channel 3 pin IN4 merupakan pin relay channel 4, sedangkan pin VCC merupakan pin voltasi +(positif). pin GND dan VCC bisa dihubungkan pada pin GND dan 5v pada arduino.

 relay diatas memiliki 4 chanel dan masing masing chanel memiliki 2 keluaran diantaranya 1 keluaran NC/default (sebelah kanan) dan keluaran NO/saat relay aktif dari arduino(sebelah kiri) dan tengah merupakan COM(combination) atau masukan daya dari luar.

MENGAPA ARDUINO PERLU MENGUNAKAN RELAY?

Dikarenakan keluaran arduino hanya berdaya 5v maka untuk menjalankan beban yang lebih besar harus menggunakan sumber daya yang berbeda sehingga harus menggunakan relay sebagai perantara antara beban arduino dan juga sumber daya yang tambahan.

RANGKAIAN MODUL RELAY DENGAN ARDUINO

skema rangkaian

rangkaian

PROGRAM PADA ARDUINO

contoh program
pada nomer 1 merupakan konfigurasi pin pada arduino yang digunakan sebagai contoh disitu diguakan pin 13.
Kemudian pada no 2 merupakan program yang akan mengaktifkan relay. digitalWrite digunakan untuk memberi perintah pada pin yang di tentukan untuk menjalankah perintah HIGH(arduino mengirim sinyal sebesar 5v ke pin yang ditentukan/LOW(arduino memberi keluaran 0v ke pin yang ditentukan. Dan delay disitu digunakan untuk memberi waktu tunda sebelum menjalakan program dibawahnya.

 video hasil percobaan menyalakan led mengunakan relay.





Apa Relay dan Bagaimana Cara Kerjanya ? Apa Relay dan Bagaimana Cara Kerjanya ? Reviewed by Algorista Web on Januari 02, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.