Cara Menghitung Nilai Resistansi Total Dalam Sirkuit Seri Dan Paralel

Untuk Menghitung Nilai Resistansi Total Dalam Sirkuit Seri, Anda Dapat Menambahkan Nilai Resistansi Masing-Masing Resistor Yang Terhubung Secara Seri. Misalnya, Jika Anda Memiliki Tiga Resistor Dengan Nilai Resistansi 10 Ohm, 15 Ohm, Dan 20 Ohm Yang Terhubung Secara Seri, Maka Nilai Resistansi Totalnya Adalah 10 Ohm + 15 Ohm + 20 Ohm = 45 Ohm.

Untuk Menghitung Nilai Resistansi Total Dalam Sirkuit Paralel, Anda Dapat Menggunakan Rumus:

1 / Rt = 1 / R1 + 1 / R2 + 1 / R3 + ...

Di Mana Rt Adalah Nilai Resistansi Total, Dan R1, R2, R3, Dll Adalah Nilai Resistansi Masing-Masing Resistor Yang Terhubung Secara Paralel. Misalnya, Jika Anda Memiliki Tiga Resistor Dengan Nilai Resistansi 10 Ohm, 15 Ohm, Dan 20 Ohm Yang Terhubung Secara Paralel, Maka Nilai Resistansi Totalnya Adalah:

1 / Rt = 1/10 Ohm + 1/15 Ohm + 1/20 Ohm Rt = 6,67 Ohm

Jika Anda Memiliki Banyak Resistor Yang Terhubung Secara Paralel, Anda Dapat Menambahkan Semua Nilai 1/R Untuk Setiap Resistor Dan Menghitung Rt Dengan Menggunakan Rumus Di Atas.

Untuk Sirkuit Yang Lebih Rumit, Anda Mungkin Perlu Menggunakan Diagram Sirkuit Untuk Memahami Bagaimana Resistor-Resistor Tersebut Terhubung. Anda Harus Memperhatikan Apakah Resistor-Resistor Tersebut Terhubung Secara Seri Atau Paralel, Karena Cara Menghitung Nilai Resistansi Totalnya Berbeda.

Jika Anda Memiliki Sirkuit Yang Terdiri Dari Beberapa Bagian Yang Terhubung Secara Seri Dan Paralel, Anda Harus Menghitung Nilai Resistansi Total Bagian-Bagian Tersebut Terlebih Dahulu Sebelum Menghitung Nilai Resistansi Total Sirkuit Tersebut.

Sebagai Contoh, Jika Anda Memiliki Sirkuit Yang Terdiri Dari Dua Resistor Dengan Nilai Resistansi 10 Ohm Yang Terhubung Secara Seri Kemudian Terhubung Secara Paralel Dengan Tiga Resistor Dengan Nilai Resistansi 15 Ohm, Maka Anda Harus Menghitung Nilai Resistansi Total Bagian Seri Terlebih Dahulu, Yaitu 10 Ohm + 10 Ohm = 20 Ohm. Kemudian Anda Dapat Menggunakan Rumus Resistansi Paralel Untuk Menghitung Nilai Resistansi Total Bagian Paralel, Yaitu:

1 / Rt = 1/15 Ohm + 1/15 Ohm + 1/15 Ohm Rt = 5 Ohm

Setelah Mengetahui Nilai Resistansi Total Bagian Seri Dan Paralel, Anda Dapat Menghitung Nilai Resistansi Total Sirkuit Tersebut Dengan Menggabungkan Kedua Bagian Tersebut Secara Seri. Sehingga Nilai Resistansi Total Sirkuit Tersebut Adalah 20 Ohm + 5 Ohm = 25 Ohm.

Semoga Informasi Ini Membantu. Jika Anda Memiliki Pertanyaan Lain, Jangan Ragu Untuk Bertanya.


Cara Menghitung Nilai Resistansi Total Dalam Sirkuit Seri Dan Paralel  Cara Menghitung Nilai Resistansi Total Dalam Sirkuit Seri Dan Paralel Reviewed by Haris Yuana on Februari 08, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Jangan lupa like, share, komentar, dan subscribe channel youtube kami. Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.