Java untuk Anak-anak: Cara Menggunakan Perulangan dan Kondisi dalam Pemrograman

 

Perulangan adalah fitur pemrograman yang memungkinkan kode program untuk dijalankan secara berulang. Di Java, ada dua jenis perulangan yang umum digunakan, yaitu for dan while.

for: Digunakan untuk menjalankan kode program secara berulang sebanyak jumlah yang ditentukan. Berikut adalah contoh penggunaan perulangan for di Java:

Di dalam tanda kurung setelah for, terdapat tiga bagian:

Inisialisasi variabel yang akan digunakan sebagai counter (dalam contoh di atas, variabel i akan diinisialisasi dengan nilai 0).

Kondisi yang harus terpenuhi agar perulangan terus dijalankan (dalam contoh di atas, perulangan akan terus dijalankan jika nilai dari i kurang dari 10).

Perintah yang akan dijalankan setiap iterasi selesai (dalam contoh di atas, nilai dari i akan ditambah 1 setiap iterasi selesai).

while: Digunakan untuk menjalankan kode program secara berulang selama kondisi yang ditentukan terpenuhi. Berikut adalah contoh penggunaan perulangan while di Java:

Kondisi adalah fitur pemrograman yang memungkinkan kode program untuk dieksekusi hanya jika kondisi tertentu terpenuhi. Di Java, kondisi dapat ditentukan dengan menggunakan operator relasi (seperti <, >, ==, dan lain-lain) atau operator logika (seperti &&, ||, dan !).


Berikut adalah contoh penggunaan kondisi di Java:


Java untuk Anak-anak: Cara Menggunakan Perulangan dan Kondisi dalam Pemrograman Java untuk Anak-anak: Cara Menggunakan Perulangan dan Kondisi dalam Pemrograman Reviewed by Haris Yuana on Juni 07, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Jangan lupa like, share, komentar, dan subscribe channel youtube kami. Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.