Pengenalan Java untuk Anak-anak: Cara Menggunakan Package dan Import dalam Pemrograman

 

Package dalam Java merupakan cara untuk mengelompokkan sekelompok kelas, interface, dan enum yang berhubungan dengan satu tema tertentu. Package juga dapat digunakan sebagai cara untuk mengelompokkan kelas-kelas yang dibuat sendiri dengan kelas-kelas yang dibuat oleh orang lain.

Untuk membuat package, Anda dapat menambahkan perintah package di baris pertama di atas import dan class pada file yang akan Anda buat. Misalnya:


Copy code

package com.contoh;


import java.util.Scanner;


public class Mobil {

  // Kelas Mobil

}


Untuk menggunakan kelas yang ada di dalam package, Anda harus menggunakan perintah import. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan kelas Scanner yang ada di dalam package java.util, Anda harus menambahkan perintah import java.util.Scanner di atas kelas yang akan Anda buat.

Jika Anda ingin menggunakan seluruh kelas yang ada di dalam sebuah package, Anda dapat menggunakan wildcard (tanda bintang *). Misalnya:

Copy code

import java.util.*;


Dengan menggunakan wildcard, Anda dapat menggunakan semua kelas yang ada di dalam package java.util tanpa perlu menuliskan nama kelas secara spesifik.

Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami cara menggunakan package dan import dalam Java. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan tanyakan saja.

Pengenalan Java untuk Anak-anak: Cara Menggunakan Package dan Import dalam Pemrograman Pengenalan Java untuk Anak-anak: Cara Menggunakan Package dan Import dalam Pemrograman Reviewed by Haris Yuana on Juni 13, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Jangan lupa like, share, komentar, dan subscribe channel youtube kami. Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.