Motor DC dan Dioda : Apa itu?



Motor adalah elektromagnet, dan memiliki medan magnet sementara daya disuplai. Ketika daya dilepaskan, medan magnet runtuh; medan yang runtuh ini dapat menghasilkan tegangan balik yang naik kembali ke kabelnya. Ini dapat merusak Arduino Anda secara serius, dan inilah sebabnya dioda ditempatkan dengan cara yang salah di sirkuit. Garis putih pada dioda biasanya menuju ke tanah. Kekuatan akan mengalir dari sisi positif ke sisi negatif.

Karena Anda salah jalan, tidak ada daya yang mengalir sama sekali. Namun, jika motor menghasilkan "EMF kembali" (gaya gerak listrik) dan mengirim arus balik ke kawat, dioda akan bertindak sebagai katup untuk mencegahnya melakukan hal itu. Dioda di sirkuit Anda karena itu ditempatkan untuk melindungi Arduino Anda. Jika Anda menghubungkan motor DC langsung ke multimeter tanpa komponen lain yang terhubung dan kemudian memutar poros motor, Anda akan melihat bahwa motor menghasilkan arus. Inilah tepatnya cara kerja turbin angin. Ketika Anda memiliki motor bertenaga dan berputar dan kemudian Anda melepaskan daya, motor akan terus berputar di bawah inersia sendiri sampai berhenti. Dalam waktu singkat ketika motor berputar tanpa daya, itu menghasilkan arus. Ini adalah "back EMF" yang disebutkan di atas. Sekali lagi, dioda bertindak sebagai katup dan memastikan bahwa listrik tidak mengalir kembali ke sirkuit dan merusak komponen lainnya.

Dioda


 Dioda adalah katup satu arah. Dengan cara yang persis sama bahwa katup tidak-kembali dalam pipa air akan memungkinkan air mengalir dalam satu arah tetapi tidak pada yang lain, dioda memungkinkan arus mengalir dalam satu arah tetapi tidak pada yang lain. Anda menemukan dioda ketika Anda menggunakan LED. LED memiliki polaritas. Anda menghubungkan terminal positif daya ke ujung panjang pada LED untuk membuat LED menyala. Dengan memutar LED, LED tidak hanya akan gagal menyala tetapi juga akan mencegah listrik mengalir di terminalnya. Dioda memiliki pita putih di sekitarnya di sebelah ujung negatif. Bayangkan pita putih sebagai penghalang. Listrik mengalir melalui dioda dari terminal yang tidak memiliki penghalang. Ketika Anda membalikkan tegangan dan mencoba membuatnya mengalir melalui sisi yang memiliki pita putih, arus akan terhenti. 
Dioda sangat penting dalam melindungi sirkuit dari tegangan balik, seperti jika Anda menghubungkan catu daya dengan cara yang salah atau jika tegangan terbalik seperti EMF belakang di sirkuit Anda. Karena itu, selalu mencoba menggunakannya di sirkuit Anda di mana pun ada bahaya daya terbalik baik oleh kesalahan pengguna atau melalui fenomena seperti back EMF.
Motor DC dan Dioda : Apa itu? Motor DC dan Dioda : Apa itu? Reviewed by vatin furoida on Agustus 14, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.