Langsung ke konten utama

Pengertian Motor dan Dioda


 Motor adalah elektromagnet, dan memiliki medan magnet sementara daya disuplai. Ketika daya dilepaskan, medan magnet runtuh; medan yang runtuh ini dapat menghasilkan tegangan balik yang naik kembali ke kabelnya. Ini dapat merusak Arduino Anda secara serius, dan inilah sebabnya dioda ditempatkan dengan cara yang salah di sirkuit. Garis putih pada dioda biasanya menuju ke tanah. Kekuatan akan mengalir dari sisi positif ke sisi negatif. Karena Anda salah jalan, tidak ada daya yang mengalir sama sekali. Namun, jika motor menghasilkan "EMF kembali" (gaya gerak listrik) dan mengirim arus balik ke kawat, dioda akan bertindak sebagai katup untuk mencegahnya melakukan hal itu. Dioda di sirkuit Anda karena itu ditempatkan untuk melindungi Arduino Anda. Jika Anda menghubungkan motor DC langsung ke multimeter tanpa komponen lain yang terhubung dan kemudian memutar poros motor, Anda akan melihat bahwa motor menghasilkan arus. Inilah tepatnya cara kerja turbin angin. Ketika Anda memiliki motor bertenaga dan berputar dan kemudian Anda melepaskan daya, motor akan terus berputar di bawah inersia sendiri sampai berhenti. Dalam waktu singkat ketika motor berputar tanpa daya, itu menghasilkan arus. Ini adalah "back EMF" yang disebutkan di atas. Sekali lagi, dioda bertindak sebagai katup dan memastikan bahwa listrik tidak mengalir kembali ke sirkuit dan merusak komponen lainnya.


Dioda

 Dioda adalah katup satu arah. Dengan cara yang persis sama bahwa katup tidak-kembali dalam pipa air akan memungkinkan air mengalir dalam satu arah tetapi tidak pada yang lain, dioda memungkinkan arus mengalir dalam satu arah tetapi tidak pada yang lain. Anda menemukan dioda ketika Anda menggunakan LED. LED memiliki polaritas. Anda menghubungkan terminal positif daya ke ujung panjang pada LED untuk membuat LED menyala. Dengan memutar LED, LED tidak hanya akan gagal menyala tetapi juga akan mencegah listrik mengalir di terminalnya. Dioda memiliki pita putih di sekitarnya di sebelah ujung negatif. Bayangkan pita putih sebagai penghalang. Listrik mengalir melalui dioda dari terminal yang tidak memiliki penghalang. Ketika Anda membalikkan tegangan dan mencoba membuatnya mengalir melalui sisi yang memiliki pita putih, arus akan terhenti. Dioda sangat penting dalam melindungi sirkuit dari tegangan balik, seperti jika Anda menghubungkan catu daya dengan cara yang salah atau jika tegangan terbalik seperti EMF belakang di sirkuit Anda. Karena itu, selalu mencoba menggunakannya di sirkuit Anda di mana pun ada bahaya daya terbalik baik oleh kesalahan pengguna atau melalui fenomena seperti back EMF.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Robot Arduino Wall Avoider Mudah dan Murah.mp4

Membuat robot memang susah-susah gampang. Apalagi jika tidak ada yang mengajari. Namun buat yang baru belajar tidak perlu berkecil hati. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana "Cara membuat robot arduino wall avoider dengan mudah". Bahan-bahan yang digunakan pun tergolong sederhana, mudah didapat, dan murah. Cukup memanfaatkan barang-barang dan komponen yang ada di sekitar rumah. Itulah motto robot kreatif, membuat robot dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar, terutama barang bekas atau yang kurang berguna lainnya.
Langkah-langkah dalam pembuatan robot arduino wall avoider cukup sederhana. Pertama siapkan alat dan bahan diantaranya : board arduino, mekanik roda (dari mainan juga bisa), breadboard, sensor ultrasonik, motor driver, dan kabel jumper. Selanjutnya rakit komponen-komponen tersebut. Detail perakitan dapat dilihat pada video di atas.
Bila tidak ingin repot menyiapkan alat dan bahan Anda dapat memesan langsung ke toko online  dan marketplace berikut : bukala…

Robot Transporter Arduino Wireless Wifi diremote Android

Robot Transporter Arduino Wireless Wifi diremote Android. Robot ini merupakan robot untuk memindahkan barang yang dapat dikendalikan dari smartphone android. Menggunakan modul wifi yang dihubungkan dengan arduino. Dapat digunakan untuk lomba robot transporter atau untuk skripsi.
Robot ini dikembangkan dengan menggunakan arduino yang digabungkan dengan modul wifi ESP32. Kedua komponen ini berguna sebagai jembatan komunikasi dan kendali smartphone dengan robot. Jangkauan robot ini dengan pengendali yang bersifat peer-to-peer sekitar 15 meter. Pengembangan lebih lanjut dapat mengembangkan sistem kendali yang berbasis internet sehingga dapat dikendalikan dari mana saja secara online. 
Untuk informasi lebih lanjut silakan kontak kami di algorista.com atau tinggalkan komentar di bawah ini. Jangan lupa subscribe channel youtube kami karena subscribe itu gratis. Terima kasih. Salam sukses.

Belajar Arduino dengan Robot Agoro Karya Indonesia

Belajar robotika itu susah-susah gampang. Kadang bagi pemula akan kebingungan dari mana harus mulai belajar. Karena topik robotika yang perlu dipelajari memang luas, mulai dari elektronika, matematika, komputer, pemrograman, dan mekanika. Bagi yang belum pernah belajar tentu akan kebingungan mana yang harus dikuasai dahulu. 
Namun kendada tersebut saat ini sudah ada solusinya, yaitu melalui platform robot AGORO. Robot Agoro merupakan robot unggulan kota Blitar yang memperoleh penghargaan Inovasi Teknologi Propinsi Jawa Timur tahun 2018. Robot ini merupakan robot edukasi untuk pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, mahasiswa, maupun hobi. Robot ini cocok untuk mereka-mereka yang baru belajar robotika dari nol atau awam sebelumnya. Dalam kit robot ini dilengkapi dengan materi dan kurikulum dalam bentuk video yang dapat dipelajari secara bertahap. 
Pembelajaran disusun sedemikian rupa sehingga pengguna yang tidak memiliki pengetahuan dasar robotika dapat mengikuti dengan mudah. Dimulai d…